Advertise With us Slideshow: GMA’s trip to Jakarta, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

Rabu, 08 Mei 2013

jawaban soal uts


1.     Proses opini adalah hubungan antara kepercayaan, nilai, dan usul yang dikemukakan oleh perseorangan di depan umum dan kebijakan yang dibuat oleh pejabat terpilih dalam mengatur perbuatan sosial dalam situasi konflik, yaitu dalam politik (Nimamo, 2011: 12). Oleh karena itu McNair (2003) mengemukakan komponen komunikasi politik terdiri dari tiga unsur utama yaitu, organisasi politik, media, dan warga negara. Dalam hal ini organisasi politik menyampaikan kebijakan politik atau pesan politik melalui institusi media agar dapat diterima secara menyeluruh oleh warga negara. Pesan politik dari organisasi politik dapat berupa program acara atau iklan politik. Program acara atau iklan politik inilah yang menghasilkan opini publik di masyarakat. Fenomena yang terjadi di Indonesia mengenai komunikasi politik terlihat pada partai-partai atau elit politik yang menguasai dan menggunakan media cetak atau elektronik dalam menyampaikan pesan politiknya seperti partai Golkar yang menyiarkan iklan pada stasiun televisi TvOne dan Antv tentang partai Golkar secara berulang-ulang. Sehingga opini yang terbentuk dalam masyarakat dapat dengan mudah dikendalikan oleh para komunikator politik melalui institusi medianya.

2.      Definisi propaganda menurut James E. Combs dan Dan Nimmo (1994:23) yaitu Usaha yang disengaja dan sistematis, untuk mencapai respon yang lebih jauh lagi merupakan tujuan yang diinginkan oleh ahli propaganda. Contohnya propaganda Partai Nasional Demokerat yang dilakukan melalui surat kabar Harian Umum Media Indonesia. Sedangkan Iklan Politik menurut William (1989) adalah semua bentuk aktifitas untuk menghadirkan dan mempromosikan individu maupun partai mereka, secara nonpersonal melalui media yang dibayar oleh sponsor tertentu, berisikan muatan-muatan politik, seperti berisikan profil pribadi tokoh elit partai tersebut yang nantinya akan membangun minat pilih masyarakat akan diberikan kepada calon tersebut yang lebih dikenal masyarakat sehingga nantinya suara atau hak pilih masyarakat terebut diberikan kepada orang yang sering melihat iklan tersebut, contohnya adalah iklan politik Partai Golkar yang disiarkan oleh TvOne dan Antv. Gilson & Berkman (1980), Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran, contohnya adalah iklan-iklan yang muncul setiap hari di televisi misalnya iklan Garuda Indonesia. Menurut saya iklan politik yang efektif adalah iklan politik yang memiliki unsur edukasi, sehingga tidak hanya mempromosikan tetapi memberikan pengetahuan mengenai politik.
3.      Melalui media orang bisa menyaksikan dan mengikuti aktivitas politik seperti pidato, kampanye, konferensi pers, rapat-rapat partai, tour dan traveling para politisi, debat kandidat, siapa menang dan siapa kalah, strategi apa yang digunakan dalam memenangkan pemilu, berapa banyak uang dibelanjakan untuk calon jadi, bagaimana pandangan public terhadap calon. Pendek kata, orang yang mau menjadi tokoh atau selebritas harus dekat dengan media, demikian juga dengan para politisi jika ingin memenangkan pemilu harus berhubungan dengan media. Tanpa media politisi tidak berdaya. Sebab jika media memunculkan informasi yang salah tentang seorang kandidat, maka ia juga memunculkan gambaran yang salah pada khalayak (Cangara, 2011: 311). Aspek proses produksi media yang memiliki dampak pada komunikasi politik adalah aspek kebijakan dari pemilik institusi media, ideologi media dan iklim organisasi pada suatu media yang akan menentukan program-program apa saja yang akan ditayangkan mengenai politik oleh media tersebut (McNair, 2000).
4.      Kelompok kepentingan adalah sekelompok manusia yang mengadakan persekutuan yang didorong oleh kepentingan-kepentingan tertentu. Kepentingan ini dapat berupa kepentingan umum atau masyarakat luas ataupun kepentingan untuk kelompok tertentu. Contoh persekutuan yang merupakan kelompok kepentingan, yaitu organisasi massa, paguyuban alumni suatu sekolah, kelompok daerah asal, dan paguyuban hobi tertentu (Bambang, 2007: 176). Fenomena yang terjadi di Indonesia pada kehidupan politiknya adalah kebijakan BBM yang akan dikeluarkan pemerintah beberapa waktu yang lalu, rencananya pemerintah akan mengeluarkan kebijakan untuk membedakan jenis BBM untuk mobil pribadi dan sepeda motor tetapi dengan banyaknya protes dari mahasiswa yang dalam hal ini berperan sebagai pressure group sehingga pemerintah mencari solusi lain yang lebih diinginkan oleh masyarakat.  Fenomena pressure group yang dapat menjadi distorsi adalah Front Pembela Islam yang selalu bertindak anarkis, dan bertindak seolah-olah mereka adalah penegak hukum yang selalu mengadili orang ataupun kelompok yang mereka anggap salah.







Sumber
Bambang S dan Sugianto.Pendidikan Kewarganegaraan.(Surakarta:Penerbit Grahadi,2007) hlm 176
Cangara, Havier.2011.Komunikasi Politik Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta:Rajagrafindo.
McNair, Brian.2000. An Itroduction to Political Communication(Third edition)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar